Breaking News
Thursday, September 15, 2016

Info Post
Sabtu, 3 September 2016

Yuhu, hari ini ialah hari - H rangkaian acara konfrensi CISAK 2016. Karena acaranya dimulai jam 13.00 waktu Korea, kami jalan-jalan dulu ke Insadong sebelumnya. Pokoknya kami tidak ingin membuang waktu di guesthouse saja! Insadong ialah pasar seni dan barang antik seperti alat tulis tradisional, makanan bertemakan street food juga ada disini. Selain itu disini juga menjual tas serba 10000 won. Untuk menuju Insadong kamu bisa ke Anguk station exit 6.

Disini kita bertemu dengan pengemis asal Korea, pria sudah berumur yang sepertinya tak punya keluarga. Konon dia kekurangan uang untuk membeli suatu barang di Insadong. Hmm ternyata pengemis ada juga ya disini, sepertinya di seluruh dunia pasti ada deh.

Setelah itu kita ke venue CISAK 2016 di HI Seoul Youth Hostel di Youngdeungpo-gu. Acara berlangsung dengan pertama-tama kami sebagai peserta konferensi diberikan pelatihan bagaimana membawakan presentasi / public speaking yang baik dan benar, dan juga pelatihan bagaimana menulis scientific paper. Setelah itu ada sesi seminar bagaimana bisa melanjutkan studi di Korea Selatan gratis dengan beasiswa, lalu dilanjutkan dengan cluster session dan special issue workshop. Pelatihannya menambah khazanah baru bagiku, terutama di bagian pelatihan pembuatan scientific paper.

Setelah acara hari pertama selesai, malam hari kami langsung ke Dongdaemun History and Culture Park, lokasinya di Dongdaemun History and Culture Park Station (Line 2). Bangunan futuristik ini dirancang oleh arsitek terkenal dunia, Zaha Hadid.
Di daerah Dongdaemun ini kami juga mengunjungi DDP (Dongaemun Design Plaza) yaitu landmark pusat budaya di Seoul. DDP dibagi menjadi lima ruangan, yaitu, Art Hall, Museum, Design Lab, Desaign Market, dan Dongdaemun History and Culture Park. Pada hari kami kesana, kebetulan ada acara musik DJ dan pengunjung disana berjoget ria.
Disini juga kita dapat melihat taman bunga artifisial, yang lebih indah dilihat malam hari karena bunga tersebut akan menyala.

Setelah puas menikmati DDP, kami langsung pulang, tetapi karena kemalaman, kami agak kesulitan mencari stasiun mana yang masih buka, dan alhamdulillah kami menemukannya dan bisa pulang. Hmm, harus siap-siap bangun pagi untuk konferensi besok.

Baca selengkapnya seri Backpacker di Korea Selatan:
Day 1: KL, Incheon, City Hall
Day 2: Haneul Park, Seoul Central Mosque, N Seoul Tower, Myeongdong
Day 3: Insadong, Konferensi, Dongaemun
Day 4: Konferensi, Banpo Bridge Moonlight Rainbow Fountain
Day 5: National Folk Museum of Korea, Gyeongbokgung Palace, KTO, Cheonggyecheon Stream, Namdaemun, LINE Store
Day 6: Mendaki Gunung Gwanak, SNU, Gangnam K-Star Road